this is my story, where the your story
Selamat Datang and Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Gw | Happy Listening on @SMKN7Radio

Teknologi Wireless – csubekti-blog

Pengertian Teknologi Wireless

Wireless merupakan sebuah jaringan komputer dengan menggunakan media udara/gelombang sebagai jalur lintas datanya. Pada dasarnya wireless dengan LAN merupakan sama-sama jaringan komputer yang saling terhubung antara satu dengan lainnya, yang membedakan antara keduanya adalah media jalur lintas data yang digunakan, jika LAN masih menggunakan kabel sebagai media lintas data, sedangkan wireless menggunakan media gelombang radio/udara. Penerapan dari aplikasi wireless network ini antara lain adalah jaringan nirkabel diperusahaan, atau mobile communication seperti handphone, dan HT. Adapun pengertian lainnya adalah sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks – WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11.


Standarisasi Jaringan Nirkabel dan Pemanfaatan Teknologi Wireless

1.IEE 802.11a yaitu standard jaringan wireless yang bekerja pada frekuensi 5 GHz dengan kecepatan transfer datanya mencapai 58 Mbps.
2.IEE 802.11b yaitu standard jaringan wireless yang masih menggunakan frekuensi 2,4 GHz dengan kecepatan trasfer datanya mencapai 11 Mbps dan jangkau sinyal sampai dengan 30 m.  
3.IEE 802.11g yaitu standard jaringan wireless yang merupakan gabungan dari standart 802.11b yang menggunakan frekuensi 2,4 GHz namun kecepatan transfer datanya bisa mencapai 54 Mbps.
4.IEE 802.11n yaitu standard jaringan wireless masa depan yang bekerja pada frekuensi 2,4 Ghz dan dikabarkan kecepatan transfer datanya mencapai 100-200 Mbps.


Pengertian Access Point Sebagai Salah Satu Bentuk Teknologi Wireless

1.Access Point adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote.
2.Access point adalah adalah perangkat, seperti router nirkabel / wireless, yang memungkinkan perangkat nirkabel untuk terhubung ke jaringan.
3.Access Point dalam jaringan computer adalah sebuah jalur akses nirkabel (Wireless Access Point atau AP) adalah perangkat komunikasi nirkabel yang memungkinkan antar perangkat untuk terhubung ke jaringan nirkabel dengan menggunakan Wi-Fi, Bluetooth atau standar terkait.
4.Access Point adalah perangkat yang digunakan untuk membuat koneksi wireless pada sebuah jaringan.


Fungsi Access Point

1.Mengatur supaya AP dapat berfungsi sebagai DHCP server
2.Mencoba fitur Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wi-Fi Protected Access(WPA)
3.Mengatur akses berdasarkan MAC Address device pengakses
4.Sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel


Berikut Gambar Topologi Sederhana Dengan 1 Access Point Untuk 3 Client



0 Comment:

Posting Komentar

Unduh Adobe Flash player
 
Join us on Facebook Follow us on Twitter Add us on G+ Subscribe to RSS